Tugas: PTI-Alat Masukan ( INPUT ) JOYSTICK

Tugas PTI, Kelompok 9, Kelas 19, Jurusan Teknik Informatika :
  1.  Noorhadi Akbar
  2. Noor Alfian
  3. Andrie Rizky Saputra
SEJARAH JOYSTICK

Joystick mulai dikenal pada abad 20an, pada waktu itu joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.

Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.

Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).

 PENGERTIAN JOYSTICK
Joystick merupakan salah satu perangkat keras (hardware) computer,dan pengertian dari perangkat keras komputer (hardware) itu sendiri adalah peralatan dari sistem computer yang secara fisik kita dapat lihat dan terjemah.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Jenis-jenis joystick :
  • Joystick Logitech Rumble


Jenis joystick di atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joysticktersebut dapat digunakan untuk game apa saja.








    • Joystick Logitech Racing Wheel

      Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.









      • Joystick Logitech Extreme 3D Pro

        Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi skhusus untuk game pesawat terbang.



        Kegunaan dan fungsi joystick:

        Alat ini umumnnya digunakan sebagai:
        1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
        2. Untuk megontrol permainan video.
        3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.

        Komentar

        Postingan populer dari blog ini

        Download Senam Pramuka

        Membuat website gratis

        Tari Tandik Balian(Balian Bulat)